10 Danau Terdangkal Di Dunia

Mengapa.ID – 10 Danau Terdangkal Di Dunia – Jumlah danau dunia ini sangat banyak, mulai dari danau yang memiliki luas berapa puluh meter hingga danau yang memiliki luas beribu- ribu kilometer.

Danau memiliki kedalaman yang beragam, bahkan ada danau terbesar dunia yang memiliki kedalaman hingga beratus- ratus meter.

Namun, dibawah ini ada 10 danau terdangkal dunia, bahkan keberadaannya mulai hilang dimusim panas.

10 Danau Terdangkal Di Dunia

Danau yang surut dan dangkal dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah proses alami yang diserap oleh tanah yang ada pada bawah danau.

  1. Danau Limboto

Limboto
Limboto

Merupakan danau yang ada pada provinsi Gorontalo, Indonesia. Danau ini mengalami penyusutan dan pendangkalan yang semakin serius setiap tahunnya. Tahun 1999 memiliki luas 1.900 hingga 3.000 hektar.

Dan semakin bertambahnya tahun danau ini semakin mengecil dan dangkal, bahkan ada yang memprediksi pada tahun 2018 danau ini akan mengering.

  1. Danau Lost Lake

Lost Lake
Lost Lake

Merupakan danau dangkal yang berada di 209 kilometer selatan Portland, danau ini ada karena terbentuk dari lava yang mengalir akibat dari letusan gunung dan menyumbat.

Pada musim hujan dan panas biasanya danau lost lake memiliki debit air yang penuh. Namun, pada saat musim salju meleleh maka danau ini akan mongering.

Akibatkan oleh lubang terowongan lava. Warga sudah berusaha untuk menutup lubang tersebut namun tidak berhasil.

  1. Danau Merzbacher

Merzbacher Lake
Merzbacher Lake

Merupakan danau yang terletak pada Krygystan, yang mana merupakan daerah terpencil yang memiliki banyak gunung es.

BACA JUGA  Inilah 10 Danau Terindah Di Pulau Jawa

Dalam satu tahun anda akan melihat betapa dangkalnya danau ini, bahkan air yang ada pada danau menghilang.

Saat danau mengering maka akan terlihat bongkahan es yang berukuran besar, terdapat pada celah antara gletser. Hingga saat ini banyak ahli yang masih meneliti terjadinya fenomena ala mini.

  1. Danau Waiau, Hawai

Waiau, Hawai
Waiau, Hawai

Danau ini memiliki luas 6.900 meter persegi, dan memiliki kedalaman maksimum 3 meter. Namun, pada tahun 2010 danau ini semakin menyusut dan tahun 2013 danau ini hanya memiliki luas 115 meter persegi.

Dan yang parah hanya memiliki kedalaman 30 centimeter. Penyebab dari susutnya danau ini adalah karena sebab kekeringan.

  1. Danau Laut Mati

Laut Mati
Laut Mati

Walaupun namanya laut mati, tetapi ini bukan laut dan bukan dari aliran laut, danau ini berasal dari aliran sungai Yordan.

Memiliki tingkat air asin yang lebih tinggi banding laut Atlantik. Namun sekarang ini laut mati semakin menyusut dan dangkal.

Karena aliran sungai yang mengalir ke danau dambil oleh penduduk sekitar laut mati.

  1. Danau Chad

Chad
Chad

Danau Chad termasuk danau yang besar yang ada pada dunia, namun sekarang telah kehilangan 90% air, karena telah mulai menyusut dari tahun 1960- an.

Kekeringan danau ini penyebabnya adalah banyak hal, antaranya untuk keperluan manusia dan untuk irigasi.

Danau Chad semakin mengering dan dangkal, yang mengakibatkan kerugian pada panen, gagalnya usaha perikanan, serta salinitas tanah.

  1. Danau Poyang

Poyang
Poyang

Poyang merupakan danau yang ada pada daerah China, merupakan danau air tawar yang memiliki ukuran yang besar.

Namun, saat ini danau ini semakin dangkal dan menyusut. Sebabnya oleh kekeringan yang melanda daerah tersebut.

Dahulu tempat ini memiliki menara dan pavilium yang bisa kita kunjungi dengan menggunakan prahu. Namun, sekarang pavilium dan menara tersebut bisa kamu kunjungi dengan berjalan kaki.

  1. Danau Laut Aral

Laut Aral
Laut Aral

Merupakan nama danau yang berada pada Kazakhstan dan Uzbekistan. Danau ini dahulu merupakan termasuk danau besar yang ada pada dunia.

BACA JUGA  10 Tempat Wisata di Bedugul Bali

Namun, sekarang ini hampir 90% air telah menghilang dari danau ini. Penangkapan ikan pada danau ini sudah tidak ada dan kapal- kapal tidak bisa berlayar.

  1. Danau Cachuma Lake

Cachuma Lake
Cachuma Lake

Merupakan danau yang berada pada daerah California Selatan, dahulu danau ini dgunakan sebagai sumber air bersih.

Namun, sekarang danau ini hanya memiliki air 30% dari jumlah air sebelumnya. Danau ini semakin dangkal dan semakin hilang seiring waktu.

  1. Danau Urmin

Urmin Lake
Urmin Lake

Merupakan danau yang terletak pada daerah Iran, danau ini semakin dan mengering. Jika tidak segera ada penanganan maka dua tahun kedepan danau ini akan menghilang.