Kumpulan Nama 10 Jalan Tol Terpanjang Di Asia Tenggara

Mengapa.ID –Kumpulan Nama 10 Jalan Tol Terpanjang Di Asia Tenggara. Merupakan jalan bebas hambatan dimana pengguna jalan tol tersebut akan dikenakan biaya ketika menggunakan layanan tersebut. Jalan tol dibangun oleh pemerintah sebagai bentuk peningkatan pembangunan pada suatu daerah. Jalan tol berfungsi sebagai jalan singkat dalam menempuh suatu jarak.

Dan juga, jalan tol diperuntukkan hanya untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Jalan tol dilengkapi dengan pintu tol untuk membayar atau mengambil tiket dan berbagai fasilitas lainnya untuk kenyamanan para pemakai jalan tol.

Jalan tol seringkali digunakan sebagai alternatif untuk menghindari kemacetan. Namun di indonesia, jalan tol juga sering terjadi kemacetan.

Ya, paling nggak mendingan lah tingkat kemacetannya jika dbandingkan tidak lewat jalan tol. Total panjang jalan tol satu dengan yang lainnya tidaklah sama. Ada yang panjang dan ada yang tidak terlalu panjang bahkan cenderung pendek.

Kumpulan Nama 10 Jalan Tol Terpanjang Di Asia Tenggara

Kumpulan Nama 10 Jalan Tol Terpanjang Di Asia Tenggara
Kumpulan Nama 10 Jalan Tol Terpanjang Di Asia Tenggara

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas tentang 10 jalan tol terpanjang di Asia Tenggara dan sekitarnya. Di negara mana sajakah jalan tol tersebut di bangun? Yuk kita simak penjelasan berikut:

  1. Jalan Tol Cipali, Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang terletak dalam kawasan Asia tenggara. Indonesia memiliki jumlah penduduk yang banyak sehingga tidak heran apabila indonesia juga memiliki kendaraan yang banyak dgunakan warganya.

Wajar saja banyak jalan tol yang dibangun oleh pemerintah untuk menghindari kemacetan dan mempersingkat jarak tempuh. Diantara banyak jalan tol yang dibangun di indonesia, Tol Cipali merupakan tol yang paling panjang. Tol yang mempunyai total panjang 116,75 km ini melintasi beberapa daerah di pulau jawa.

BACA JUGA  10 Tempat Wisata Di Lembang Yang Murah Meriah

Yakni, mulai dari Cikopo hingga Paliaman. Jalan tol ini juga menghubungkan banten hingga Banyuwangi. Menurut beberapa sumber, Jalan tol ini mampu mempersingkat waktu satu jam lebih dan jarak tempuh 40 km apabila dbandingkan dengan melalui jalan Pantura.

  1. Jalan Tol Merak-Jakarta, Indonesia

Indonesia mempunyai Jalan tol lagi yang masuk dalam daftar jalan tol terpanjang Di Asia Tenggara. Ialah jalan tol Merak-Jakarta. Jalan tol yang mempunyai total panjang 98 km ini melintasi beberapa kota di bagian baarat Kota jakarta, Tangerang dan Cilegon. Dalam pengelolaannya, Jalan tol ini dibagi menjadi dua ruas yakni bagian Jakarta – Tangerang sepanjang 26,3 km dikerjakan oleh PT. Jasa Marga dan panjang tol sisanya dikerjakan PT. Marga Mandala Sakti.

Jalan tol ini biasanya digunakan warga sumatera yang ingin datang ke Jakarta setelah menempuh perjalanan laut dan bersandar di pelabuhan merak, Banten.

  1. Jalan Tol Kallang Paya Lebar, Singapura

Salah satu nagara maju di Asia Tenggara, Singapura juga memiliki tol terpanjang di asia tenggara. Namun karena wilayahnya yang tidak seluas indonesia, jalan tol yang dmiliki juga tidak sepanjang Indonesia.  Jalan tol Kallang Paya Lebar ini dbangun dengan bentuk terowongan sepanjang 12 km. Karena total panjang tersebut, tol Kallang Paya Lebar ini menjadi tolbawah tanah  terpanjang Asia Tenggara.

Semua bagian tol ini secara resmi dbuka pada tahun 2008 pada tanggal 20 oktober. Tol yang menghubungkan antara ECP dan TPE ini telah menghabiskan dana sebesar 1,6 miliar mata uang dolar Singapura. Selain menjadi tol bawah tanah terpanjang Asia Tenggara, tol ini juga dpercaya menjadi tol bawa tanah terpanjang ke enam dunia.

Jalan tol dua arah ini memliki tiga lajur di masing-masing arah. Dlengkapi dengan sebelas pintu keluar on ramp, delapan simpang susun dan dua belas pintu keluar off ramp.

  1. Jalan Tol Bumibol, Thailand

Keempat, jalan tol yang sering dsebut dengan Industrial Ring Road ini mempunyai total panjang 13 km. Jalan tol ini dbangun untuk menghubungkan kawasan Bangkok Selatan dan Provinsi Samut Prakan.

BACA JUGA  Tempat Wisata Di Bali Untuk Anak Anak Yang Mengasikan

Jembatan indah nan menawan ini dbangun atas sungai Chao Praya dengan dlengkapi Pylond yang berbentuk kristal dengan tinggi 164 meter dan 173 meter. Serta ddukung oleh striking cable dengan panjang 582 meter dan 702 meter.

  1. Jalan Tol Penang 1, Malaysia

Jalan Tol Penang merupakan jalan tol yang menghubungkan dua wilayah yaitu bayan lepas yang berada di pulau lepas dengan Sebrang prai yang berada di daratan semenanjung Malaysia. Selain itu, jalan tol ini juga menghubungkan Jalan lintas Selatan-Utara di Prai dengan Jalan Tol Jelutong yang berada di Bayan Lepas.

Jalan tol yang telah resmi dbuka sejak tanggal 14 september 1985 mempunyai panjang 13,5 km dan masuk dalam deretan nama jalan tol terpanjang Asia Tenggara. Sebelum jalan tol penang ini dbangun, orang-orang memakai jasa kapal feri yang menghubungkan antara pulau Penang dan Daratan.

Melihat volume kendaraan yang melewati jembatan ini semakin meningkat, pada tahun 2004, jalan tol  yang mempunyai dua jalur ini mulai drenovasi. Jalan tol yang asalnya hanya mempunyai 4 lajur kini dtambah dengan dua lajur lagi sehingga menjadi 6 lajur.

Hingga pada tahun 2009, Dato’ Shezimen selaku menteri pekerjaan umum Malaysia secara resmi membuka jalan tol tersebut.

  1. Jalan Tol Penang 2, Malaysia

Seperti yang djelaskan pada nomor sebelumnya, Malaysia telah memiliki  jalan tol terpanjang kawasan Asia tenggara yakni jalan tol penang 1 dengan panjang 13,5km. Sejak agustus 2008 silam pemerintah negeri Jiran telah mengerjakan proyek jalan tol penang 2 dengan panjang 16,9 km.Jalan tol ini menghubungkan kawasan Batu Maung di wilayah pulau penang.

Jalan tol tersebut secara resmi dbuka pada tahun 2013. Pembangunan jalan tol ini telah menghabiskan dana sebesar 4,5 miliar atau setara dengan Rp. 15 triliun.

  1. Jalan Tol Suramadu, Indonesia

Jalan tol yang dbangun atas Selat Madura ini memiliki total panjang 5,438 km. Pembangunan jalan tol ini sempat menuai banyak kendala sejak dresmikan untuk dbangun pada tahun 2003  oleh Presiden Megawati. Hingga pada tahun 2009, tepatnya tanggal 10 Juni 2013 berulah jalan tol yang merupakan jembatan terpanjang Indonesia dbuka secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Y.

BACA JUGA  Inilah Daftar 10 Tempat Wisata Di Puncak Bogor Yang Murah

Tujuan dengan dbangunnya jalan tol suramadu ini untuk meningkatkan bidang pembangunan Pulau Madura yang cenderung tertinggal jika dbandingkan dengan daerah lain di Jawa Timur.

  1. Jalan Tol Jakarta – Cikampek, Indonesia

Terakhir, jalan tol ini menghubungkan antara kawasan yang berada di Jakarta Timur dengan Purwakarta. Jalan tol yang telah dbangun sejak tahun 1988 ini memiliki total panjang lebih dari 83 kilometer. Pemandangan indah khas pedesaan dapat anda jumpai ketika melewati jalan tol ini.

Kesimpulan

Demikianlah 10 jalan tol terpanjang di Asia Tenggara yang bisa menambah wawasan anda. Kebanyakan jalan tol tersebut ada di indonesi karena wilayah Indonesia yang luas dengan penduduk dan pengguna kendaraan bermotor yang banyak.