Keistimewaan Anak Perempuan Menurut Islam Jika Dibandingkan Anak Laki-Laki

Mengapa.ID –6 Keistimewaan Anak Perempuan Menurut Islam Jika Dibandingkan Anak Laki-Laki – Memiliki anak merupakan salah satu anugerah terbesar yang diberikan Allah SWT kepada para hambanya yang telah menikah.

Karuniai anak juga merupakan salah satu wujud cinta dan kasih sayang Allah kepada hambanya, karena tidak semua pasangan dapat terkaruniai anak dalam ikatan pernikahannya.

Selain itu, anak juga dapat membuat suasana rumah menjadi lebih hidup dan merupakan salah satu pintu rezeki yang akan dberikan oleh Allah SWT. Pada kenyataannya setiap pasangan suami istri akan menerima dengan senang hati, apapun jenis kelamin sang anak yang akan hadir dalam kehidupan mereka.

Baik anak laki-laki maupun perempuan memeiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas keistimewaan yang miliki oleh anak perempuan yang tidak miliki oleh anak laki-laki.

Keistimewaan Anak Perempuan Menurut Islam

Keistimewaan Anak Perempuan Menurut Islam
Keistimewaan Anak Perempuan Menurut Islam

Berikut 6 keistimewaan anak perempuan menurut islam:

  1. Salah Satu Kunci Surga

Memiliki anak perempuan berarti para orang tua telah memiliki salah satu kunci surga yang akan bermanfaat ketika pada akhirat nanti. Anak perempuan merupakan salah satu jalan untuk masuk surga bagi setiap orang tua yang memilikinya.

Dengan mendidik anak tersebut sehingga menjadi anak yang berbakti dan sholehah. Maka hal tersebut akan membantu para orang tua ketika akhirat nanti. Selain itu, orang tua juga tidak boleh membeda-bedakan antara anak laki-laki dan anak perempuan.

BACA JUGA  Now We Are Breaking Up Episode 11 Sub Indo Dramaqu

Seperti dalam hadits Nabi Muhammad SAW yang driwayatkan HR Abu Daud yang intinya setiap orang yang memiliki anak perempuan dan tidak membunuhnya serta tidak lebih mengutamakan anak laki-laki.

  1. Lebih Mudah Dalam Membantu Orang Tua

Anak perempuan yang telah terdidik dengan baik oleh orang tuanya sejak kecil  maka akan lebih tanggap dalam hal membantu pekerjaan orang tua, khususnya pekerjaan yang ada dalam rumah.

Dengan naluri yang miliki oleh setiap wanita serta tambah dengan baik dari orang tua, maka akan membuat anak perempuan menjadi seseorang yang senantiasa membantu segala pekerjaan rumah tangga, seperti memasak dan membersihkan rumah.

  1. Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Nabi Muhammad SAW memiliki anak perempuan yang sangat ia sayangi, yaitu Fatimah Az-Zahra. Nabi Muhammad pernah bersabda yang riwayatkan oleh Hadits Riwayat Muslim, yang intinya adalah setiap orang tua yang menafkahi dua anak perempuan mereka sampai anak tersebut baligh.

Maka pada hari kiamat kelak antara beliau, Nabi Muhammad SAW, dan orang tua tersebut akan sangat dekat, seperti dua jari yang kita dekatkan.  Oleh sebab itu, memiliki anak perempuan serta berupaya mendidiknya dengan baik, maka akan mendatangkan syafaat dari Rasulullah ketika hari kiamat kelak.

  1. Cerminan dari Keluarga

Sifat dan sikap seorang anak perempuan merupakan salah satu cerminan dari kehidupan dalam keluarga tersebut. Apabila anak perempuan tersebut memiliki akhlak yang baik, maka besar kemungkinan anak perempuan tersebut tumbuh dari orang tua yang baik pula, begitu juga sebaliknya.

Karena keluarga harus dapat mengajarkan dan memberi contoh yang baik terhadap anaknya, terutama anak perempuan.

  1. Ladang Pahala

Memiliki anak perempuan merupakan salah satu kesempatan untuk berbuat baik. Mengapa bisa demikian? Karena memiliki anak perempuan tidak terlepas dari banyaknya kesulitan dalam mendidiknya.

BACA JUGA  10 Ciri Ciri Suami Selingkuh dan Berbohong

Perempuan dalam Islam ibarat sebagai perhiasan yang paling berharga dalam dunia yang harus kita jaga dan bimbing. Agar dapat memenuhi segala syariat yang telah tentukan.

Oleh sebab itu, membimbing anak perempuan merupakan salah satu lading pahala yang besar.

  1. Lebih Dapat Menerima Nasihat dan Ilmu

Naluri perempuan yang lembut dan memiliki jiwa kasih sayang yang tinggi merupakan salah satu keistimewaan dalam perempuan.

Maka dari itu seorang anak perempuan cenderung akan lebih menurut dan hal tersebut akan memudahkan mereka dalam menerima berbagai nasihat dan ilmu yang akan bermanfaat untuk kehidupan yang akan datang.

Kesimpulan

Memiliki anak perempuan merupakan salah satu keistimewaan tersendiri bagi setiap orang tua. Karena dengan memiliki anak perempuan maka anak tersebut akan dapat menyelamatkan mereka dari siksa api neraka. Apabila mereka  dapat mendidik dan mengajarkan anak perempuannya sesuai dengan syariat dan ketentuan Islam.

Tetapi perlu kita ingat bahwa memiliki anak perempuan juga tidaklah mudah. Karena orang tua memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga dan mengarahkannya sampai anak tersebut menikah dan memiliki seorang suami yang akan memimpin kehidupannya.