Cara Membuat URL Website Menjadi Lebih Pendek

Mengapa.idCara Membuat URL Website Menjadi Lebih Pendek – Pastinya kamu pernah melihat sebuah URL yang pendek dan unik bukan? Umumnya kita menemukannya saat hendak menyalin sebuah halaman website baik toko online, blog pribadi, portofolio dan lainnya. Tapi, tahukah kami bagaimana cara membuatnya? Alih – alih membagikan URL yang panjang dan sulit diingat orang, kita bisa membuat URL yang lebih pendek bahkan unik. Berikut ulasan selengkapnya.

Membuat URL Website Menjadi Lebih Pendek

Beberapa website saat ini telah memiliki URL atau link dari yang pendek dan unik, hal ini mempermudah pengunjung yang ingin share atau membagikan ulang laman tersebut. Dan untuk membuat URL yang pendek dan unik, mereka menggunakan layanan perpendek URL. Ya, kini sudah banyak sekali layanan Shortener dan Link Management Platform. Ada yang berbayar ada pula yang gratis, semua tergantung keperluan masing – masing.

Dengan layanan tersebut, pemilik website bisa memperpendek serta membuat URL menjadi lebih unik dan mudah diingat oleh orang lain. Dan ada beberapa penyedia layanan Shortener dan Link Management Platform yang bisa kita gunakan secara gratis seperti Bitly dan TinyURL.

Cara Membuat URL Website Menjadi Lebih Pendek

Untuk membuat URL website kamu lebih pendek, kamu bisa menggunakan Bitly dan TinyURL yang juga menyediakan layanan gratis dan cukup mudah. Dan berikut langkah – langkah yang bisa kamu lakukan.

  1. Menggunakan Bitly

Bitly merupakan salah satu layananURL Shortener dan Link Management Platform yang bisa kita gunakan untuk mengubah URL yang sebelumnya panjang menjadi lebih pendek. Dengan Bitly kita juga bisa menentukan nama yang lebih mudah untuk diingat. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Buka situs Bitly melalui bitly.com pada browser yang biasa kamu gunakan.
  • Lalu masukkan URL yang hendak kamu perpendek pada kolom “Shorten Your Link” kemudian klik “Shorten”.
  • Setelah itu, Bitly akan menampilkan url yang telah dirubah menjadi lebih pendek dan kamu bisa menyalinnya dengan klik tombol “Copy”.
  1. Menggunakan TinyURL
BACA JUGA  Cara Pasang Iklan Di TikTok

Cara lainnya adalah dengan menggunakan TinyURL yang juga merupakan layanan URL Shortener. Dan berikut cara penggunaannya:

  • Buka situs TinyURL melalui tinyurl.com pada browser yang biasa kamu gunakan.
  • Kemudian salin URL yang ingin kamu perpendek dan salin pada kolom “Your Long URL”.
  • Secara otomatis, TinyURL akan menampilkan URL yang telah diringkas dan kamu bisa menyalinnya secara manual atau blok URL tersebut dan klik kanan mode untuk menemukan menu salin.

Itulah cara membuat URL website menjadi lebih pendek. Dengan begitu, kamu bisa menyematkannya pada bio di Instagram ataupun Facebook. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.