Cara Mencadangkan Data Bagi Yang Ingin Mengganti Smartphone Lama

Mengapa.id – Sebelum mengganti smartphone lama ke smartphone baru, beberapa orang mungkin merasa bingung mengenai cara untuk mencadangkan data – data mereka. Karena pastinya, tidak sedikit data penting yang tersimpan mulai dari pesan, kontak, kalender dan lainnya. Untuk itu, postingan kali ini akan membantu kamu yang sedang mengalami hal tersebut. Berikut ulasan selengkapnya.

Pencadangan Data

Sebelum berpindah perangkat, ada baiknya melakukan pencadangan data. Hal ini bertujuan agar semua data penting yang tersimpan pada ponsel yang lama bisa kembali kita buka pada ponsel yang baru karena telah tersinkronisasi dan ditransfer secara otomatis, baik yang berukuran kecil seperti kontak maupun berukuran besar seperti foto dan video.

Tips Cara Mencadangkan Data

Dan berikut ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk melakukan pencadangan data yang pasti sampai ke ponsel atau tablet yang baru.

  1. Periksa Kembali Status Sinkronisasi Akun

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan memeriksa kembali status sinkronisasi Android pada akun cloud kamu. Caranya dengan membuka menu pengaturan lalu pilih opsi akun, kemudian pilih akun Google utama dan verifikasi bahwa akun telah menyinkronkan semua aplikasi dan layanan. Dan apabila ada layanan yang belum tersinkronkan, maka klik tombol Sinkronkan Sekarang.

  1. Salin Semua Kontak dan Kalender ke Cloud

Sebagian orang mungkin masih menggunakan penyimpanan internal ponsel saat menyimpan kontak ataupun acara kalender. Padahal, selain itu penyimpanan ke cloud juga penting karena bisa tersinkron secara otomatis saat pindah ke ponsel lain. Untuk itu, salin semua kontak beserta kalender ke cloud dengan cara bagikan kontak ke akun Google kamu atau langsung saja klik tombol ekspor yang biasanya ada pada kontak maupun kalender.

  1. BackUp Foto Dan Video
BACA JUGA  Cara Mengganti Nama Di Facebook Tanpa Menunggu 60 Hari

Selain kontak dan kalender, foto dan video biasanya juga merupakan data penting bagi seseorang. Apabila kamu salah satunya, maka penting untuk memastikan semuanya telah dicadangkan ke akun Google. Kamu bisa menggunakan cara ini, yakni buka aplikasi foto lalu ketuk ikon profil yang ada pada pojok kanan atas dan lihat pesan “Cadangan Selesai”. Namun jika belum, maka kamu bisa melakukan pencadangan data foto dan video tersebut.

  1. Cadangkan File Ke PC

Kamu juga bisa menggunakan komputer dengan penyimpanan yang cukup untuk mencadangkan dsta dengan menyambungkan ponsel melalui USB. Caranya pun sangat mudah yakni cukup salin file yang penting dan setelah itu pastikan ponsel dalam mode MTP sampai selesai proses penyalinan.

Itulah ulasan mengenai tips dalam mencadangkan data khususnya untuk ya ingin mengganti smartphone lama. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kita semua.