Persiapan Pernikahan dan Cara Mendapatkan Modal Nikah yang Tepat

Mengapa.idPersiapan Pernikahan dan Cara Mendapatkan Modal Nikah yang Tepat. Menikah adalah suatu kewajiban bagi sebagian orang yang memiliki prinsip demikian dan tak sedikit pasangan yang mengeluarkan modal besar untuk mebuat pernikahannya sesempurna mungkin. Padahal, kita bisa mengadakan pernikahan yang sederhana dan modal yang sesuai dengan kemampuan.

Namun pastinya ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan sebelum melangsungkan pernikahan sekaligus untuk mendapatkan modal. Dan pada postingan kali ini kita akan membahasnya, yakni mengenai persiapan pernikahan dan cara mendapatkan modal nikah yang tepat. Berikut ulasan selengkapnya.

Hal – Hal yang Perlu Dipersiapkan

Selain mempersiapkan modal dan berkas administrasi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat hendak melaksanakan pernikahan. Namun sebelum itu, diskusikan pula beberapa hal berikut bersama pasangan agar tidak terjadi kesalahpahaman nantinya.

  • Besaran penghasilan yang disisihkan.
  • Mendiskusikan apabila ada utang yang menjadi tanggungan.
  • Kenali pasangan terlebih dahulu, apabila pasangan berjiwa boros mulailah untuk mencari solusinya.

Setelah itu, barulah persiapkan beberapa hal berikut ini bersama pasangan:

1. Biaya Sewa Gedung

Jika ingin menyelenggarakan pernikahan di gedung ada baiknha untuk mencari informasi kisaran sewa gedung jauh hari sebelumnya, agar jika mendapatkan halangan atau tidak bisa mendapat izin maka bisa mencari gedung alternatif lainnya.

2. Biaya Paket Pernikahan

Biasanya yang termasuk dalam paket pernikahan adalah dekorasi, baju pengantin, make up, fotografi, hiburan dan sebagainya. Pilih paket pernikahan yang sesuai dengan anggaran dan kesepakatan bersama pasangan.

BACA JUGA  Makna Istighfar dan Taubat Serta Perbedaannya

3. Daftar Jumlah Tamu yang Hadir

Persiapkan pula dengan pasangan mengenai tamu yang hadir, baik dari pihak mempelai wanita maupun mempelai laki – laki. Hal ini untuk mengetahui kapasitas tempat, undangan yang dicetak, proporsi catering, jumlah souvenir dan sebagainya.

4. Biaya Tak Terduga

Selain ketiga hal tersebut, pastikan juga kamu mempersiapkan biaya tak terduga yang meliputi transport penghulu, penginapan untuk sanak saudara yang datang dari jauh dan lainnya.

Cara Mendapatkan Modal

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa sebagian pasangan rela mengeluarkan biaya yang besar untuk membuat pernikahannya sesempurna mungkin. Dan apabila kamu salah satunya, maka berikut cara untuk mendapatkan modal yang tepat dan tentunya kamu harus sesuaikan dengan kemampuan kamu.

1. Menggunakan Pinjaman Kredit Multiguna

Kamu bisa menggunakan pinjaman kredit mutiguna yang biasanya memiliki besaran yang bervariasi berdasarkan bank yang di pilih. Mulai dari Rp. 25 juta hingga Rp. 3 miliar dengan waktu pengembalian yang juga bisa menyesuaikan kemampuan nasabah dan yang paling lama bisa mencapai 10 tahun.

2. KTA atau Kredit Tanpa Agunan

Ini yang paling praktis karena tidak mensyaratkan agunan dan batas pinjamannya lebih sedikit dari kredit multiguna, namun sayangnya bunga yang dibebankan lebih tinggi.

Tapi sebelum berjuang, pastikan kamu mempertimbangkan lagi mulai dari cicilan hingga risikonya yang mungkin saja terjadi.

Demikianlah ulasan mengenai persiapan pernikahan dan cara mendapatkan modal nikah yang tepat. Semoga bermanfaat dan semoga kamu yang hendak melaksanakan pernikahan akan dipermudah serta lancar semua rencananya.