Tips Agar Whatsapp Tidak Terlalu Memakan Ruang Penyimpanan

Mengapa.idTips Agar Whatsapp Tidak Terlalu Memakan Ruang Penyimpanan. Jika kamu merupakan pengguna Whatsapp tentunya sudah tahu bahwa aplikasi chatting yang satu ini sering kali mememuhi ruang penyimpanan ponsel. Hal tersebut dikarenakan aplikasi chatting ini tidak hanya bisa kita gunakan untuk mengirim pesan teks saja, tapi juga foto, video, suara hingga dokumen yang berukuran cukup besar. Dengan begitu, semakin banyak file yang kamu terima maka akan semakin banyak ruang penyimpanan ponsel yang terpakai.

Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa tips yang perlu kamu coba gunakan. Seperti pada postingan kali ini, yang mana membahas beberapa tips agar Whatsapp tidak terlalu memakan ruang penyimpanan.

Beberapa Tips Agar Whatsapp Tidak Terlalu Memakan Ruang Penyimpanan

cara atasi wa banyak memakan ruang penyimpanan

Untuk tidak memperlama, maka langsung saja kamu simak beberapa tips berikut yang bisa membuat Whatsapp kamu tidak terlalu banyak memakan ruang penyimpanan ponsel, diantaranya:

1. Matikan Fitur Auto Download

Tips pertama yang bisa kamu terapkan adalah dengan mematikan fitur auto download, sebab umumnya Whatsapp akan secara otomatis mengunduh pesan foto dan video. Kamu bisa menonaktifkannya secara manual dengan cara:

  • Masuk ke menu “Setting” atau “Pengaturan
  • Lalu tap menu “Storage and Data” atau “Penyimpanan dan Data”.
  • Kemudian tap “When Using Mobile Data” atau “Saat Menggunakan Data Seluler “ dan hapus centang pada kolom audio, foto, video dan dokumen.
BACA JUGA  Aplikasi Rental Mobil Terbaik

2. Hapus File Berukuran Besar

Selanjutnya kamu juga bisa menghapus file media yang berukuran besar dengan cara pilih tap menu “Setting” lalu “Storage Data” dan “Manage Storage”. Tap kategori file yang berukuran lebih dari 5 MB dan pilih file mana saja yang tidak kamu perlukan. Atau langsung saja centang kolom pada ujung kanan atas layar untuk memilih semua file. Kamu juga bisa menghapus file yang telah diteruskan berkali – kali dengan tap kategori file “Forward Many Times” lalu pilih file yang ingin kamu hapus.

3. Hapus Chat Berukuran Besar

Kamu juga bisa menyortir pesan yang berukuran besar dan memenuhi memori penyimpanan dengan cara buka memu “Setting” lalu tap tombol titik tiga vertikal yang ada pada bagian pokok kanan atas kemudian kamu pilih “Storage and Data” dan lanjut pilih “Manage Storage”. Gulir kebawah dan pilih chat yang akan kamu hapus.

4. Kurangi Membuka Whatsapp Status

Terakhir adalah dengan mengurangi membuka Whatsapp status, sebab Whatsapp status yang kita lihat akan terunduh dan tersimpan pada memori internal ponsel. File tersebut hanya bersifat sementara sebab akan lenyap dalam 24 jam setelah terunduh. Selain status, file GIF dan stiker pun bisa memakan ruang penyimpanan perangkat kamu. Dan untuk menghapusnya secara manual maka kamu bisa membuka penyimpanan internal ponsel lalu pilih aplikasi Whatsapp. Kemudian pilih “Media” dan pilih file yang akan kamu hapus baik itu status, stiker ataupun GIF.

Itulah beberapa tips agar Whatsapp tidak terlalu memakan ruang penyimpanan. Semoga artikel dan tutorial ini bisa bermanfaat dan menambah informasi untuk kita semua.