Tips Charge HP Agar Baterai Tidak Cepat Soak

Mengapa.id – Kesalahan dalam melakukan charge HP bisa menjadi salah satu penyebab cepat soaknya baterai. Oleh sebab itu, penting untuk menyimak postingan kali ini sebab kita akan membahas beberapa tips charge HP agar baterai tidak cepat soak. Berikut ulasan selengkapnya yang patut untuk kamu simak.

Beberapa Tips Charge HP Agar Baterai Tidak Cepat Soak

Dengan pentingnya HP di kehidupan kita saat ini tentu sudah seharusnya kita juga pandai dalam menjaga kinerjanya, khususnya kinerja baterai. Dan agar baterai kamu lebih awet maka kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

1. Gunakan Charge Asli

Seringnya orang mengabaikan hal ini, padahal dampaknya sangat jelas untuk kebaikan baterai ponsel kamu. Tidak masalah jika menggunakan beda charge dengan ampere dan jenis USB yang sama, namun apabila keduanya berbeda maka lebih baik untuk tidak digunakan. Sebab inilah yang bisa menyebabkan pengisian daya yang tidak karuan karena perbedaan antara arus ampere satu HP dengan HP lainnya. Apabila kamu pernah mendapati pengisian daya yang malah berkurang saat diisi maka berarti ampere tidak sesuai dan bahkan bisa membuat baterai cepat habis.

2. Jangan Mengisi Daya Sampai Full

Jika biasanya kamu mengisi daya sampai full maka mulailah untuk tidak melakukannya, sebab pengisian daya HP sampai full bisa menyebabkan menurunnya fungsi dari baterai tersebut dan akhirnya baterai pun memburuk hingga rentan rusak. Dengan begitu, cabut charge HP sebelum penuh, lebih tepatnya apabila daya sudah berisi sekitar 80 persen.

BACA JUGA  Cara Mendengarkan Pesan Suara Whatsapp Sebelum Dikirim

3. Hindari Pengisian Daya Saat 0 Persen

Sama halnya dengan mengisi daya sampai full, pengisian data saat 0 persen pun bisa membuat kinerja baterai menjadi berkurang dan memburuk. Sehingga penting untuk memastikan pengisian daya minimap 20 persen yang mana merupakan batas wajar dan aman.

4. Kurangi Penggunaan Powerbank

Terakhir, kamu juga perlu mengurangi penggunaan powerbank jika tidak ingin baterai cepat soak. Sebab, meski sangat praktis dan bisa dilakukan dimana saja, nyatanya penggunaan powerbank yang berlebihan bisa mengurangi kinerja baterai dan membuat umurnya semakin singkat. Jadi, pastikan untuk menggunakan powerbank hanya dalam keadaan yang mendesak saja.

Itulah beberapa tips charge HP agar baterai tidak cepat soak. Semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua.