Cara Melaporkan Konten Hoax Tanpa Ribet

Mengapa.IDCara Melaporkan Konten Hoax Tanpa Ribet – Perkembangan teknologi saat ini memberikan dampak yang seimbang, baik itu dampak positif ataupun dampak negatifnya. Untuk dampak positifnya kita bisa dengan mudah berselancar di internet mencari dan menemukan berbagai informasi terkini. Dan dampak negatifnya, sering kali orang – orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan konten hoax yang menyesatkan.

Untuk itu, penting bagi kita sebagai pengguna internet agar lebih berhati – hati dalam menerima sebuah informasi. Jangan sampai kita terperdaya dengan konten hoax yang dibuat oleh mereka yang bahkan tidak tahu apa akibatnya. Kita juga bisa ikut berpartisipasi untuk melaporkan konten hoax yang banyak merugikan orang lain. Dan pada postingan ini, kamu bisa mendapatkan cara untuk melaporkan konten hoax tanpa ribet. Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Melaporkan Konten Hoax Tanpa Ribet

Sebagian orang merasa risih dan jengkel dengan konten hoax yang kerap kali tersebar, namun tidak ingin melaporkannya karena prosesnya yang dirasa cukup sulit dan ribet. Padahal untuk melaporkan konten hoax tersebut bisa dilakukan dengan mudah bahkan tidak perlu mendatangi kantor Kominfo sekalipun. Berikut dua cara melaporkan konten hoax tanpa ribet:

1. Menggunakan Aplikasi Detax

Aplikasi Detax yang juga merupakan singkatan dari Deteksi Hoax adalah sistem yang disponsori PT Ansvia. Aplikasi ini mampu mendeteksi hoax serta memudahkan penggunanya untuk melaporkan konten hoax. Adapun cara menggunakan aplikasi ini untuk melaporkan konten hoax adalah sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu kamu download aplikasi Detax melalui Play Store.
  • Kemudian masukkan foto dari konten hoax yang hendak kamu laporkan. Kamu juga bisa menyalin dan menempelkan link dari konten hoax tersebut.
  • Selanjutnya kamu bisa menunggu hingga sistem selesai melakukan pemindaian.
  • Selesai melakukan pemindaian, Detax akan memberikan ajakan untuk melaporkan konten tersebut apabila konten belum teridentifikasi.
  • Jika kamu setuju untuk melaporkan konten tersebut, klik tombol “Ya”. Kamu akan dialihkan ke laman berikutnya untuk mengisi informasi mengenai konten tersebut.
  • Setelah menyelesaikan pelaporan dan muncul pop up terimakasih, artinya laporan kamu telah berhasil.
BACA JUGA  Cara Backup Aplikasi Android

2. Melalui situs resmi Kemenkominfo

Kamu juga bisa menggunakan situs resmi Kemenkominfo untuk melaporkan konten c konten hoax tersebut dengan cara seperti berikut ini:

  • Masuk ke situs truspositif.kominfo.go.id
  • Klik “Aduan Konten
  • Kamu bisa mendaftar terlebih dahulu sebagai pelapor dengan mengisi nama lengkap, alamat email beserta kata sandi dan lakukan verifikasi akun.
  • Setelah itu klik “Aduan Baru”.
  • Selanjutnya kamu bisa pilih kategori “Hoax” dari sekian banyaknya opsi yang ada.
  • Terakhir, masukkan link dari konten yang kamu anggap menyebarkan informasi tidak benar beserta alasannya.

Selain itu kamu juga bisa mengirimkan screenshot beserta link konten hoax tersebut ke [email protected]

Itulah beberapa cara untuk melaporkan konten hoax tanpa ribet yang bisa kamu gunakan. Semoga tutorial dari artilek ini bermanfaat dan bisa menambah informasi untuk kita semua.