Tips Untuk Menghindari Penipuan Berkedok Email di Facebook dan Instagram

Mengapa.idTips Untuk Menghindari Penipuan Berkedok Email di Facebook dan Instagram. Tidak hanya melalui panggilan suara, kasus penipuan pun bisa terjadi melalui email. Ya, belakangan ini sering terjadi penipuan yang berkedok email palsu di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Beberapa orang mendapatkan email yang mengaku – mengaku dari Instagram dan mengkalim bawa akunnya akan dihapus atau diblokir jika tidak mengikuti arahan mereka. Padahal itu bertujuan agar mereka bisa mendapatkan informasi pribadi pengguna.

Tak jarang orang pun terkecoh dan menyerahkan data pribadinya, karena mereka juga menyertakan logo dari Facebook ataupun Instagram yang bisa membuat pengguna kesulitan untuk mengidentifikasi keasliannya. Oleh karena itu, perlu tips untuk bisa menghindari penipuan berkedok email tersebut seperti yang akan kita bahas pada postingan kali ini. Berikut ulasan selengkapnya.

Tips Menghindari Penipuan di Facebook

Untuk menghindari penipuan melalui Facebook, kamu bisa menggunakan cara berikut tiap kali mendapatkan email yang mengaku dari Facebook. Berikut cara untuk mengecek kebenaran dari email yang mengaku – ngaku dari pihak Facebook tersebut.

  • Buka aplikasi Facebookdan klik ikon garis tiga yang ada pada kanan atas .
  • Lalu cari dan pilih menu “Pengaturan dan Privasi”, kemudian pilih “Pengaturan” dan “Keamanan dan Login”.
  • Selanjutnya cari dan klik menu “Tingkat Lanjut” dan pilih “Lihat Emai Terbaru dari Facebook”.

Dengan begitu kamu akan ditampilkan email terbaru tentang keamanan akun dari Facebook seperti permintaan untuk mengubah kata sandi. Dan pastikan kamu tidak mengklik tautan yang ada di dalam email yang mengaku – ngaku pihak Facebook sebelumnya ada kejelasan.

BACA JUGA  Cara Daftar Paylater Shopee Agar Langsung di ACC

Tips Menghindari Penipuan di Instagram

Setelah tips untuk menghindari penipuan melalui Facebook, kita juga perlu mengantisipasi penipuan berkedok email yang terjadi melalui Instagram. Dan berikut cara untuk mengidentifikasi email phising ataupun spam pada Instagram:

  • Buka aplikasi Instagram dan klik ikon profil.
  • Lalu lanjutkan dengan klik ikon garis tiga yang ada di kanan atas.
  • Selanjutnya pilih menu “Pengaturan” lalu “Keamanan”.
  • Dan terakhir pilih “Email dari Instagram”.

Sama seperti halnya pada Facebook, dengan cara tersebut kamu akan ditampilkan email terbaru mengenai keamanan akun Instagram. Sehingga apabila email yang kamu terima tidak ada muncul di menu Instagram ini, berarti email tersebut bukan dari Instagram.

Demikian ulasan mengenai tips untuk menghindari penipuan berkedok email di Facebook dan Instagram. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.